Propemperda Tahun 2024 tidak tercapai

Teks : Matnor Ali

BANJARMASIN, wartaberitaindonesia.com – Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Matnor Ali F menyebutkan, dari 35 raperda yang masuk Propemperda 2024, beberapa di antaranya merupakan sisa Propemperda 2023 yang belum selesai dibahas di tingkat Pansus.

Sebab, hingga April 2024, tak satupun Propemperda selesai dibahas di tingkat Panitia Khusus (Pansus) ataupun Badan Anggaran (Banggar) untuk Diparipurnakan Tingkat II dan menjadi peraturan daerah (Perda).

Bacaan Lainnya

“Seperti Raperda Penyelenggaraan Transportasi dan Perubahan atas Perda Nomor 15 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Reklame,” ungkap Matnor Ali.

Selain itu, ada dua Raperda lagi yaitu Penyertaan Modal PTAM Bandarmasih dan Penyertaan Modal ke PD PALD, juga tak kunjung terselesaikan. Padahal, Paripurna Tingkat I sudah dilaksanakan pada 25 Januari 2023 lalu.

“Sedangkan yang memang diusulkan di 2024 hanya satu Raperda yang sudah disampaikan melalui Paripurna Tingkat I, yakni Raperda tentang LKPJ Walikota Banjarmasin Tahun 2023,” sebutnya.

Pihaknya mengaku sedikit pesimis, seluruh Raperda yang masuk Propemperda 2024 bisa dibahas, apalagi bisa terselesaikan.

Kemungkinan yang bisa terjadi yakinnya, hanya beberapa Raperda yang bersifat wajib bisa selesai, seperti Raperda tentang Perubahan APBD Tahun 2024, Raperda tentang APBD Tahun 2025 serta Raperda tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Banjarmasin Tahun 2024-2045.

“Ada kemungkinan hanya Raperda yang bersifat wajib saja yang bisa diselesaikan, selebihnya bisa selesai bisa tidak, tergantung kawan-kawan anggota dewan, terutama Bapemperda,” sesalnya.

Ditambahkannya, sampai saat ini seluruh Propemperda usulan dewan, yakni sebanyak 13 usulan. “Tapi belum satupun disampaikan di paripurna tingkat I,” tandasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *