50 Peserta Ikuti Lomba Ketangkatan Pemadam Kebakaran

Teka foto: Lomba Ketangkatan Pemadam Kebakaran. (ist)

Marabahan, wartaberitaindonesia.com – UPT Pemadam Kebakaran Satpol-PP Kabupaten Barito Kuala (Batola) kembali menggelar Lomba Ketangkatan Pemadam Kebakaran. Lomba yang berlangsung di Lapangan 5 Desember Marabahan ini dibuka langsung Penjabat (Pj) Bupati Batola Mujiyat, S.Sn, M.Pd, Sabtu (02/12/2023) pagi.

Lomba Damkar Pj Bupati Batola Cup 2023 ini diikuti 50 BPK yang terdiri 42 BPK putera dan 8 BPK puteri.

Bacaan Lainnya

Mengawali pertandingan, Pj Bupati Batola Mujiyat didampingi anggota Forkompinda, Kasatpol-PP dan Damkar Batola Dahtiar Fajar, Kalak BPBD Aris Saputra, para pimpinan SKPD, dan para camat, mengibarkan bendera start yang mempertandingan peserta lady fair antara BPK Lady Tala dengan BPK Diyang Tapin.

Pj Bupati Mujiyat mengatakan, lomba yang dilaksanakan ini dalam rangka adu ketangkasan mengingat para anggota damkar merupakan orang-orang yang tangkas, lincah dan tangkas khususnya dalam hal memadamkan kebakaran.

Karena itulah, papar Mujiyat, lomba yang dilaksanakan ini dinamakan dengan Lomba Ketangkasan Damkar dalam arti siapa yang tangkas melakukan action-nya maka akan menjadi pemenang dan berhak mendapatkan hadiah dan uang pembinaan yang telah disediakan.

Mujiyat menilai lomba yang dilaksanakan ini sangat membawa manfaat karena itu ia berharap kegiatan semacam ini bisa lebih ditingkatkan. Jika perlu dapat digelar hingga 4 kali dalam setahun.

Harapannya, selain meningkatkan silaturahmi antar relawan pemadam juga dapat menambah ketangkasan seluruh anggota relawan pemadam yang senantiasa tulus dan ikhlas terhadap tugas mulianya serta bisa memotivasi warga yang lain untuk bergabung.

Khusus kepada para anggota Damkar yang memiliki slogan Pantang Pulang Sebelum Api Padam ini, Mujiyat juga mengimbau untuk menyadari dan memahami terhadap tugas mulianya. Kendati di saat menjalankan tugas tetap harus mengutamakan keselamatan dan jangan sampai mengorbankan diri.

“Jadi dalam bertugas rekan-rekan anggota Damkar hendaknya terus berpegang kepada SOP yang menjadi acuan,” ajak Mujiyat.

Dia menilai kegiatan ini sangat positif dan ini sesuai dengan pepatah langkah bisa karena biasa lancar kaji karena diulang.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala UPT Damkar Satpol-PP Batola, Yusma Hernadi mengatakan, tujuan digelarnya lomba ketangkasan damkar selain meningkatkan profesionalisme ketangkasan dan kerjasama antar anggota BPK dari berbagai daerah.

“Selain itu juga untuk mengasah keterampilan dan meningkatkan kekompakan setiap anggota damkar dalam menghadapi bencana, khususnya kebakaran,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *