Paman Yani: Pentingnya Menjaga Keberlangsungan Ekosistem Laut

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi saat melakukan Sosper di Desa Rantau Panjang Hulu, Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (24/1). (ist)

Tanah Bumbu,
wartaberitaindonesia.com
– Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi melaksanakan
Sosialisasi Perundang-undangan (Sosper), Perda Nomor 13 Tahun 2018 tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir (RZWP) dan Pulau-pulau Kecil, di Desa Rantau Panjang Hulu Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (24/1).

Terkait dengan Sosper tersebut Paman Yani panggilan akrab Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel ini mengungkapkan pentingnya menjaga
keberlangsungan ekosistem laut karena saat ini menurutnya cukup memprihatinkan, dampak banyaknya nelayan luar daerah menggunakan cantrang sebagai alternatif menangkap ikan di wilayah perairan laut Kalsel.

Bacaan Lainnya

“Kondisi ini jelas berdampak terkikisnya
berbagai macam ekosistem wilayah pesisir laut,” terangnya.

Menyikapi kondisi ini dia meminta agar menjadi perhatian serius oleh semus pihak, “Kalau dibiarkan pasti akan hancur, maka kita harapkan aparat penegak hukum, pemerintah dapat bertindak tegas,” kata Paman Yani kepada wartaberitaindonesia.com usai kegiatan.

Ia juga berharap kepada Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Provinsi Kalsel dan Pelabuhan Perikanan (PPI) Batulicin dapat mengedukasi masyarakat yang berprofesi sebagai penangkap ikan laut atau nelayan bisa menjaga dan memelihara keberlasungan ekosistem laut.

“Apalagi fungsi hutan mangrove serta terumbu karang merupakan ekosistem penting bagi keberlangsungan habitat di laut dan tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat pesisir sebagai nilai tambah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Rantau Panjang Hulu, Amaluddin menuturkan sosialisasi perda ini sangat bermafaat bagi warganya.

“Perda ini akan kami sebarluaskan sebagai bentuk pengetahuan positif bagi masyarakat luas khususnya
di Desa Rantau Panjang Hulu,” tukasnya.

 

Sport.kalselpos.com

kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *