Bupati Noormiliyani Letakan Tiang Pancang Pembangunan Perpustakaan

Bupati Batola Hj. Noormiliyani secara simbolis meletakan tiang pancang pembangunan gedung perpustakaan di Kompleks Perkantoran Kabupaten Batola di Marabahan, Kamis (2/6).(ist)Ibrahim(wartaberitaindonesia.com)

Marabahan, wartaberitaindonesia.com – Kabupaten Barito Kuala (Batola) akan segera miliki gedung layanan perpustakaan baru. Peletakan tiang pancang dilakukang langsung Bupati Hj. Noormiliyani AS, disaksikan unsur Forkopimda Batola, Kamis (2/6).

Berlokasi di Kompleks Perkantoran Kabupaten Batola di Marabahan, gedung baru ini telah diperjuangkan Bupati sejak pertengahan 2018 lalu. Bupati wanita pertama di Kalsel ini membawa sendiri proposal pembangunan pada tahun 2019 ke Jakarta.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah perjuangan kita yang penuh kesabaran berbuah manis pada tahun 2022 ini,” ungkapnya.

Ia menjelaskan beberapa kendala yang membuat pembangunan terhambat adanya pandemi Covid-19. Praktis seluruh kegiatan Pemerintahan terhambat salah satunya pembangunan gedung layanan perpustakaan ini.

“Impian kita memiliki gedung layanan perpustakaan akhirnya terwujud. Hal ini menunjukkan sinergitas yang baik antara pemerintah daerah dengan pusat,” tururnya.

Pembangunan gedung layanan perpustakaan ini menjadi satu dari sekian banyak capaian pembangunan Bupati Hj. Noormiliyani AS dan Wakil Bupati H. Rahmadian Noor. Sebelumnya juga sudah dibangun Gelanggang Olahraga (GOR) Setara yang berlokasi di Tarutan, juga Long Storage yang bisa berfungsi selain pengendali banjir tapi sebagai lokasi latihan dayung, juga akan ada Jejangkit Eco Park, juga Mall Pelayan Publik.

“Dengan masa kerja efektif hanya dua tahun akibat Covid-19, Alhamdulillah ini masih menjadi rezeki masyarakat Batola,” ucapnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan(Dispersip) Batola Siti Aminah menyampaikan pembangunan gedung pelayanna perpustakaan ini menelan anggaran sebesar Rp10 Miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Sub Bidang Perpustakaan tahun anggaran 2022.

“Lelang telah dilakukan pada Februari 2022 dengan pemenang lelang CV. Reyhan dengan nilai perjanjiaan 9,87 Miliar lebih,” terangnya.

Kontrak pembangunan dari 25 Maret 2022 dan direncanakan selesai 24 November 2022. Sedangkan konsultan pengawas dari Jakarta PT. Inkoneksi Izin Konsultan dengan nilai kontrak Rp242.295.000.

“Hingga saat ini pembangunan telah mencapai 14,5%,” sebutnya.

Pemancangan ini dihadiri Sekda Batola Zulkipli Yadi Noor, Kepala Kejaksaan Batola Eben Neser Silalahi unsus Forkopimda lainnya, Kepala Dinas PUPR Batola Saberi Thanoor, Kepala Dinas Kominfo Batola Wahyuni, serta pihak kontraktor.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penekanan sirine tanda pemancangan dimulai dan peletakan batu pertama pada pondasi gedung layanan perpustakaan oleh orang nomor satu di Batola ini.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *