DPRD Kalsel Pererat Kerja Sama dengan Disperindag Jatim

Teks Foto : Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi didampingi Kepala Disperindag Provinsi Jatim, Dr. Iwan saat kunjungan ke Disperindag Provinsi Jatim. (Istimewa)

Surabaya, wartaberitaindonesia.com – DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus mempererat kerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur (Jatim) guna menunjang suplai kebutuhan pangan di banua terlebih sebagai provinsi tertua dipilih menjadi pintu gerbang menuju Ibu Kota Negara (IKN).

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi atau Paman Yani mengatakan Kalsel
sudah sejak dulu menjalin hubungan baik di sektor perdagangan dengan Provinsi Jatim, diantaranya hasil pertanian, peternakan, hingga kehutanan sebagai bahan baku industri yang bedampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bacaan Lainnya

“Untuk jangka panjang keperluan logistik bagi masyarakat di IKN ke depan semakin mudah dan di sektor industri berkontribusi terhadap PAD,” kata Paman Yani usai melakukan pertemuan dengan Disperindag Jatim, Rabu (8/5).

Ia menambahkan untuk sektor industri jadi fokus utama, yakni hulu dan hilir
sehingga perekonomian berjalan sebagaimana mestinya serta keterjagaan harga agar tetap terjangkau adalah prioritas utama.

Kemudian bagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mekar Putih di Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kotabaru dapat segera terwujud.

“Konon bila peta dunia dilipat dua maka kita berada di tengah-tengah alur lalu lintas barang regional maupun internasional. Ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi perdagangan kita di Kalsel,” ujarnya.

Kepala Disperindag Provinsi Jatim, Dr. Iwan mengaku kolaborasi bersama mitra kerja hingga kunjungan Komisi II DPRD Kalsel ini penting bagi kedua belah pihak bahkan dari dialog terbuka ada defisit dari Kalsel.

“Kiriman produk asli Kalsel ke Jatim justru lebih banyak seperti batu bara, kayu dan lainnya,” sebutnya, seraya menjelaskan bahwa jumlah industri di Jatim sangat luar biasa ada sebanyak 843.000.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *