BPS HSS akan Melaksanakan Pendataan Awal Regsosek

Bupati HSS Achmad Fikry memberikan sambutan pada rakor Regsosek BPS.(Prokopim)(wartaberitaindonesia.com)

Kandangan, wartaberitaindonesia.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar rapat koordinasi (Rakor) rencana pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dengan tema “Mencatat untuk Membangun Negeri”.

Rakor yang digelar
Selasa (20/9) di Aula Kantor Kecamatan Kandangan ini dihadiri Bupati HSS Achmad Fikry.

Bacaan Lainnya

Kepala BPS Kabupaten HSS Rismanto mengatakan, Regsosek merupakan pendataan lengkap seluruh penduduk Indonesia, yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi, mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset, hingga informasi geospasial.

“Melalui informasi yang komprehensif, memungkinkan Regsosek menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk, dan meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan Regsosek di Kabupaten HSS melibatkan total petugas sebanyak 464 orang. “Semua petugas diberikan pelatihan selama dua hari, tentang tata cara pendataan, konsep definisi yang dimaksud dalam kuesioner, dan mekanisme lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) mendukung program Regsosek yang akan dilakukan oleh BPS Kabupaten HSS.

Dikatakan bupati, Pemda memberikan dukungan melalui himbauan kepada masyarakat, untuk mensukseskan program Regsosek, yang secara operasional di lapangan akan dibantu para camat dan kepala desa.

“Program Regsosek sangat penting bagi kita, untuk melihat potret sosial ekonomi HSS, sehingga nanti bisa mengambil kebijakan kedepannya,” ujar Bupati Fikry.

Bupati mengajak masyarakat untuk melaksanakan registrasi dengan menerima petugasnya dengan baik dan dengan memberikan keterangan yang benar.

“Pendataan tidak ada kaitannya dengan bantuan maupun pajak, sehingga bebas saja sampaikan datanya sesuai dengan kondisi ekonomi,” ujar Bupati Fikry.

Sport.kalselpos.com

kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.