Ini Imbauan Dir Samapta Polda Kalsel kepada Pemudik Lebaran 2024

Teks foto:  Imbauan Dir Samapta Polda Kalsel Kombes Pol Timbul RK Siregar kepada para pemudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. (Istimewa)

Banjarmasin, wartaberitaindonesia.com – Direktur Samapta Polda
Kalimantan Selatan (Kalsel) mengimbau kepada masyarakat yang melakukan mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 H.

Adapun imbauan tersebut, yakni agar masyarakat jangan lupa untuk memastikan rumah dalam keadaan aman sebelum ditinggalkan.

Bacaan Lainnya

“Cek kembali rumah sebelum ditinggalkan seperti pintu, jendela, dan lepas tabung gas elpiji yang masih terpasang,” ucap Direktur Samapta Polda Kalsel, Kombes Pol Timbul RK Siregar saat di konfirmasi, Minggu (07/04/2024)

Kedua, cek kesehatan seluruh keluarga sebelum mudik, karena itu adalah hal yang terpenting, khususnya bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor ataupun mobil.

“Pemudik yang memakai kendaraan pribadi seperti sepeda motor maupun mobil, pastikan terlebih dahulu kesehatannya, karena kesehatan hal yang terpenting apalagi saat menempuh perjalanan jauh,” ujarnya.

Ketiga, selain kondisi tubuh yang sehat, sepeda motor maupun mobil yang digunakan untuk mudik, jangan sampai lupa dilakukan pengecekan ke bengkel terlebih dahulu.

“Selain itu bagi pengendara sepeda motor yang membawa keluarganya untuk mudik, utamakan jangan terlalu berlebihan membawa barang bawaan,” tambahnya.

Apabila semuanya sudah dilakukan, pria yang sempat menjabat Kapolresta Palangka Raya itu mengingatkan agar mengecek terlebih dahulu rute yang akan dilewati.

“Apabila perjalanan cukup jauh, sebaiknya jangan dipaksakan, banyak rest area yang disediakan Polda Kalsel dan jangan takut untuk mampir, karena itu memang khusus disediakan kepada para pemudik,” katanya.

Terlebih apabila pengendara sedang mengantuk, jangan pernah memaksakan untuk berkendara.

“Rata-rata kecelakaan terjadi karena faktor pengendara yang mengantuk dan kondisi keadaan yang kelelahan, jadi jangan dipaksakan, apabila sudah merasa lelah langsung saja berhenti dan beristirahat,” tegasnya.

Kemudian, jangan mengkonsumsi obat-obatan yang efeknya menyebabkan mengantuk serta jangan memainkan handphone di saat sedang dalam perjalanan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *